Parent Involvement in Inclusive Primary
Schools in New Zealand: Implications for Improving Practice and for Teacher
Education
Garry Hornby and Chrystal Witte
College of Education, University of
Canterbury
Abstract
A critical factor in
the success of inclusive schools is effective parent involvement in the
education of children with special educational needs. This article reports the
results of a survey of the practice of parent involvement in inclusive primary
schools in a large city in New Zealand. Interviews were conducted with 21 primary
school principals using a schedule which focused on eleven aspects of parent
involvement. Analysis of data from the interviews identified several common
weaknesses in provision for parent involvement in the schools. Implications for
improving the practice of parent involvement in inclusive primary schools and
for teacher education in parent involvement are discussed.
Keterlibatan Orang Tua di Sekolah Dasar
Inklusif di Selandia Baru: Implikasi untuk Meningkatkan Praktik dan untuk
Pendidikan Guru
Abstrak
Faktor penting dalam keberhasilan sekolah inklusi adalah keterlibatan orang tua yang efektif dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Artikel ini melaporkan hasil survei praktik keterlibatan orang tua di sekolah dasar inklusi di kota besar di Selandia Baru. Wawancara dilakukan dengan 21 kepala sekolah dasar menggunakan jadwal yang berfokus pada sebelas aspek keterlibatan orang tua. Analisis data dari wawancara mengidentifikasi beberapa kelemahan umum dalam ketentuan keterlibatan orang tua di sekolah. Implikasi untuk meningkatkan praktik keterlibatan orang tua di sekolah dasar inklusi dan untuk pendidikan guru dalam keterlibatan orang tua dibahas.
Ulasan
Karya
ilmiah tersebut menguraikan tentang keterlibatan orang tua dalam pendidikan
sekolah inklusif. Stainback
dan Stainback dalam buku Sunardi, berpendapat bahwa sekolah inklusif adalah
sekolah yang menampung semua murid di kelas yang sama. Sekolah ini menyediakan
program pendidikan yang layak, menantang, tetapi sesuai dengan kemampuan dan
kebutuhan setiap murid maupun bantuan dan dukungan yang dapat diberikan oleh
para guru agar anak-anak berhasil.
Sedangkan
inklusi dapat berarti bahwa tujuan pendidikan bagi siswa yang memiliki hambatan
adalah keterlibatan yang sebenarnya dari tiap anak dalam kehidupan sekolah yang
menyeluruh. Inklusi dapat berarti penerimaan anak-anak yang memiliki hambatan
ke dalam kurikulum, lingkungan, interaksi sosial dan konsep diri (visi-misi)
sekolah.
Ada
beberapa bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan inklusif. Beberapa diantaranya adalah Mencari informasi seputar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, menyusun rencana pendidikan anak, ikutserta aktif
dalam program-program sekolah, aktif menjalin komunikasi dengan sekolah tentang
perkembangan anak, melakukan pendampingan aktifitas belajar, dan masih banyak
lagi yang lainnya.
C.2.
Kritik Atas Naskah
Setidaknya penulis mendapati beberapa poin kiranya perlu mendapat perhatian atau pengembangan dari naskah tersebut diantaranya:
1. Aspek Teknis
- Dalam penyajian data dirasa perlu menggunakan tabel, grafik, atau media grafis lainnya agar pembaca lebih mudah dalam memahami data yang didapatkan.
- Layout/tata letak yang perlu dirapikan.
2. Aspek Substansi
- Perlu adanya penambahan sample penelitian supaya lebih merepresentasikan penelitian
- Perlu kajian lanjutan terkait dengan motivasi orang tua untuk terlibat dalam proses pembelajaran (PI)
.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar